Cara membuat Hostpost dengan Acces point


 Assalamu'alaikum Wr.Wb


Kali ini saya akan menulis artikel cara setting membuat hostpot RB750 dengan Access Point.
Bagi yang bersekolah di SMK apalagi jurusan Teknik Komputer Jaringan mungkin sudah sering mendengar apa Acces Point, dan Mikrotik, nah...... kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang Access Point dan Mikrotik.
Apa sih Access Point itu....?
Apa sih Mikrotik itu..........?
Kita Bahas singkat pengertian terlebih dahulu.
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.
Mikrotik adalah  sistem operasi beserta perangkat lunak yang dipasang dalam sebuah komputer sehingga komputer yang sudah terpasang tersebut bisa dioperasikan. adapun komputer yag sudah terhubung dengan mikrotik berperan sebagai jantung network, pengendali, pengatur lalulintas data.

Tahap pengerjaan
A. mengkonfigurasikan Access Point
Hubungkan Access point ke PC client dengan kabel UTP, selanjutnya konfigurasikan IP pada PC client sesuai dengan IP yang terdapat pada Access Point. Karena Access Point yang saya punya memiliki IP default 192.168.0.254/24, maka Ip pada PC client saya setting sebagai berikut:

IP: 192.168.0.2/24 (Satu segmen dengan Acces Point)
Netmask: 255.255.255.0 (24) (Netmask sama dengan Access Point)
Gateway: 192.168.0.254 (sama dengan IP pada Access point)

Restart network kemudian masuk ke browser. pada Address bar masukan IP Access Point tadi, karena IP access point saya 192.168.0254, maka saya masukan IP tersbut pada Address bar.
Nah setelah kamu masukan IP AP ke address bar tersebut maka akan muncul popup Login Access point. Untuk username masukan admin, dan untuk password juga masukan admin(note: untuk access point merk lain mungkin agak berbeda)





Nah selanjutnya kamu akan masuk ke web dimana kamu bisa mengkonfigurasikan Access point milikmu. Klik Next pada Quick Setup untuk mulai mengkonfigurasikan Access point.


Pilih Access point apabila terdapat pilihan seperti berikut.


Masukan SSID Wifi kita nantinya. bila perlu masukan password WPA/WPA2-PSK juga. (note: sebenarnya login WPA/WPA2-PSK tidak diperlukan karena nantinya kita harus login pada halaman login hotspot untuk bisa mengakses Internet)


Masukan IP baru untuk Access point kita, disini saya menggunakan IP 192.168.3.1 dan Netmask-nya adalah 255.255.255.0. dan Pada DHCP kita pilih disable.


Selesai konfigurasi Access Point, selanjutnya klik reboot dan tunggu proses reboot hingga selesai.